Aksi Bom Bunuh Diri Dua Wanita di Nigeria

BERITA SYIAH – Sabtu, (29/10) dua pelaku bom bunuh diri menewaskan sedikitnya delapan korban jiwa di Maiduguri, Nigeria. Menurut militer setempat, Boko Haram, kelompok takfiri dan pemberontak, bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Namun hingga kini belum ada konfirmasi dari kelompok teroris Boko Haram atas insiden yang menewaskan setidaknya 8 korban jiwa dan melukai beberapa lainnya. Namun hal ini disinyalir tentu berasal dari Boko Haram yang mendesak berdirinya khilafah negara Islam di wilayah timur laut Nigeria.

Diketahui pelaku bom bunuh diri adalah seorang wanita yang meledakkan diri di depan kamp pengungsian Bakasi di pinggiran kota Maiduguri. Menurut laporan militer lokal, lima korban tewas dan 11 wanita luka-luka akibat peristiwa tersebut.

Di lain tempat, di waktu yang sama, seorang wanita lain melakukan aksi bom bunuh diri ketika berusaha menerobos masuk depot bahan bakar perusahaan minyak negara NNPC. Akibat insiden tersebut, tiga orang tewas.

Tidak diketahui identitas dari kedua wanita pelaku bom bunuh diri tersebut.

Sebelumnya pada bulan Maret lalu, hal serupa pernah terjadi. Dengan target tempat peribadahan dan sekitarnya, dua wanita melakukan aksi bom bunuh diri dan menewaskan setidaknya 22 korban jiwa.

Boko Haram dikendalikan balut tanah sekitar ukuran Belgia pada awal 2015, namun militer Nigeria, dibantu oleh pasukan dari negara-negara tetangga, telah merebut kembali sebagian besar wilayah.

Boko Haram mencoba memporak-porandakan keamanan di Nigeria. Militer Nigeria dengan bantuan pasukan negara tetangga melakukan serangkaian strategi dan operasi untuk menghilangkan kelompok militan dan membebaskan kawasan tersebut.

[BS/AJ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *